BELKAGA SERENTAK

Wates-grobogan.desa.id (6/8/2020) -Penyakit kaki gajah disebabkan cacing filaria, yang ditularkan melalui nyamuk. Ketika seseorang tergigit nyamuk, tidak langsung terkena kaki gajah. Ada beberapa gejala kaki gajah. Seseorang bisa demam sebanyak 1-2 kali tiap bulan.

Pada tanggal 6 bulan agustus 2020 ini di desa wates Kecamatan Kedungjati secar a serentak diadakan pembagian obat untuk mencegah penyakit kaki gajah. Pembagian ini dilakukan oleh para Kader Posyandu. Dalam masa pandemi covid19, pembagian obat tersebut dilakukan dengan cara para kader membagikan ke rumah-rumah warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan dimaksud dalam rangka untuk mengeliminisasi penyakit kaki gajah, sehingga kegiatan ini disebut BELKAGA (Bulan Eliminasi Kaki Gajah).

Adapun sasaran pemberian obat ini adalah, mulai dari anak usia 1 tahun sampai dengan usia 70 tahun.  Dengan pemberian paket sebagai berikut:

  1. Paket 1 untuk anak usia 1 – 2 tahun dengan paket berupa syrup 1 botol untuk 2 anak
  2. Paket 2 untuk anak usia 2 – 6 tahun dengan paket 1 Alb + 1 Dec
  3. Paket 3 untuk anak usia 6 – 14 tahun dengan paket 1 Alb + 2 Dec
  4. Paket 774 7u7ntuk usia 14 – 70 Tahun dengan paket 1 Alb + 3 Dec

Alb=Albendazole, Dec = diethylcarbamazine

Obat tersebut dianjurkan  diminum pada malam hari, karena terdapat efek Mules, Pusing , dan diare. Jika warga yang mengalami hal tersebut dapat menghubungi bidan setempat.

pengecualian sasaran obat Belkaga ini adalah bagi mereka yang mempunyai penyakit Stroke, Hipertensi, jantung, ginjal, diabetes, ibu menyususi, ibu hamil dan juga pada bayi yang berumur kurang dari 1 tahun. (SM)

Author: desawates

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.