BUMI Wates

Sumber :Rupabumi Wilayah AdministrasiDesa-KelurahanKabupatenGroboganTahun 2012

LetakGeografis

KecamatanKedungjatimemiliki relief daerah pegunungan kapur dan perbukitan serta berada pada ketinggian 50 m di atas permukaan air laut dengan kelerengan 0° – 8°. Nama Kedungjati berarti tempatnya (pusatnya) pohonjati, terbukti pada masa penjajahanBelanda, Kedungjati merupakan pusathutan atau penghasil kayu jati.
Kecamatan Kedungjati terbentuk bersama-sama dengan terbentuknya Kabupaten Grobogan berdasarkan UU No. 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten di lingkungan Propinsi Jawa Tengah.
Potensi di wilayahKecamatankedungjatimeliputitanamanpertaniandanperdaganganhasilpertanian (jagung, padi, palawija), sertaperikanan (perairanumum).

Dilihat dari Peta Kabupaten Grobogan, Kecamatan Kedungjati terletak di bagian paling barat dan merupakan perbatasan antara Kabupaten Grobogan dengan Kabupaten Semarang. Detail Peta Kecamatan Kedungjati dapat ditlusuri melalui Google Maps atau silahkan klikdisini.
Luas Wilayah
SecaraadministratifKecamatanKedungjatiterdiridari 12 Desa, 319 RT dan 82 RW dengan ibukota berada di Desa Kedungjati, dengan koordinat geografis 07° 09’ 32,5” S 110° 38’ 00,5” E. Kecamataninimempunyailuas 130.33 Km2dengan jumlah penduduk pada keadaan Bulan Januari 2012 sebanyak 50.357jiwa, sebagaimana tabel di bawah ini.
AspekUmum
Padatahun 2011, produksipertanianterbesar di Kecamatan Kedungjati dicapai melalui komoditas jagung yang mencapai 10.063 ton, dibandingkan dengan produksi pertanian lainnya. Namun demikianproduksiinibelumlahbesar, yaitubarumencapai 2% dari total produksi di Kabupaten Grobogan yang mencapai 502.212 ton. 
Produksi perikanan dari perairan umum mencapai 24.673 Kg, jauh di atas produksi perikanan yang dikembangkan di kolam-kolamikan, yang hanya mencapai 4.550 Kg. Sedangkan untuk peternakan, jumlahternak kambing mencapai 1.081 ekor, sedangkan ternak sapi potong yang mencapai 2.607 ekor.  
Detail jumah produksipertanian, perikanan dan peternakan di Kabupaten Grobogan, 
Silahkanklikdisini.
Industri yang berkembangmasihdidominasiindustrirumahtangga yang mencapai 973 unit, dan industri kecil mencapai 71 unit. Untuk industri besar dan sedang belum berkembang di kecamatan ini. 
Untuk kondisi jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Kedungjati, kondisi baik dan sedang sebesar 24,78% (9,839 Km), sedangkan kondisi rusak dan rusak berat mencapai 75,22% (29,861 Km). Detail kondisi jalan kabupaten, Silahkan klik disini.
Selanjutnya aspek umum Kecamatan Kedungjati dapat dilihat padatabel di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.